Seledri Bermanfaat untuk Tubuh, Bisa Mencegah Kanker 

Jumat, 24 Desember 2021 | 21:59:10 WIB

Metroterkini.com - Seledri biasanya hanya dijadikan bahan tambahan di sop, bubur, atau soto. Namun, banyak juga yang menambahkan seledri ke dalam jus. Ternyata seledri memiliki manfaat luar biasa bagi tubuh. Jika sudah tahu manfaatnya, mungkin Anda akan memikirkan untuk mengonsumsi seledri setiap hari. 

Manfaat seledri Seledri adalah sayur yang termasuk dalam family Apiaceace, bersama dengan wortel dan parsley. Seledri mengandung berbagai macam antioksidan yang membuat seledri bermanfaat bagi tubuh. Berbagai studi telah dilakukan untuk membuktikan khasiat seledri, berikut beberapa diantaranya. 

1. Mencegah kanker dan mengurangi radang 
Seledri mengandung komponen bernama apigenin yang memiliki fungsi sebagai antiinflamasi, antibakteri, antivirus, dan antioksidan. 

Apigenin pada seledri akan menurunkan inflamasi dalam tubuh dan meningkatkan sistem imun. Apigenin adalah antioksidan kuat yang mampu melawan kanker. 

Sebuah studi di laboratorium menunjukkan bahwa apigenin berfungsi untuk mematikan sel kanker dan mencegah sel kanker untuk menyebar. 

2. Menurunkan tekanan darah 
Seledri termasuk ke dalam obat tradisional China yang dipercaya mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Percobaan untuk membuktikan khasiat ini pernah dilakukan pada manusia dan terbukti menunjukkan penurunan tekanan darah, baik sistol maupun diastolnya. 

3. Mencegah penyakit Alzheimer 
Seledri mengandung L-3-n-butylphthalide yang terbukti mampu meningkatkan memori dan kemampuan kognitif. Hal ini membuat seledri cukup menjanjikan untuk mencegah dan mengobati penyakit Alzheimer. 

4. Menurunkan kolesterol 
Tingginya kolesterol erat dengan kondisi hiperlipidemia. Jika tidak ditangani, maka kondisi ini akan memicu penyakit jantung dan stroke. Seledri telah terbukti secara ilmiah mampu menurunkan kolesterol jahat dan kolesterol total. 

5. Manfaat lainnya 
Seledri juga dipercaya memiliki banyak manfaat, seperti mengobati asam urat, reumatik, bronkitis, asma, psoriasis, meredakan muntah, dan menurunkan demam. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk khasiat ini. [**]


 

Terkini